Minggu, 06 Oktober 2013

10 Fakta Seputar Indonesia

                   Indonesia yang begitu khas dengan keanekaragaman hayati serta sumber daya alamnya. Ternyata, menyisakan sebuah situasi yang benar-benar ironis. Alasannya, karena banyak dari kita yang tak tahu bahwa Indonesia mempunyai sisi lain yang belum kita jumpai. Lalu, apa sajakah hal-hal yang dapat membuat kita tertarik dengan kekayaan Indonesia yang belum tereksploitasi tersebut ?
                   Hal ini akan dijelaskan dengan sistematis berdasarkan fakta. Mula-mula menurut (Http:majulahnegaraku.wordpress.com), Indonesia memiliki yang pertama yaitu : Kebun Raya Bogor (KBR) yang memiliki spesies yang terbesar dan yang terbaik di ASEAN. Yang kedua, danau Toba (danau terbesar di Asia Tenggara, danau sepanjang tahun terbesar di Asia Tenggara serta danau vulkanik terbesar di dunia). Ketiga, sumber lain, (Http:www.naturia.per.sg/buloh/verts/mudskipper.htm) mengatakan bahwa pulau Kalimantan merupakan rumah ikan bagi Mudskipper (Periophthalmodon Schlosseri) atau ikan Belacak/ikan Belodok/ikan Tembakul yang satu-satunya jenis ikan di dunia yang dapat memanjat pohon, berjalan, bahkan melompat-lompat dan hidup serta bernapas didarat. Keempat, Indonesia memiliki pulau terbesar kedua, ketiga, dan keenam di dunia. Nugini (seluruh pulau, termasuk Papua Barat dan Papua New Guinea) adalah terbesar kedua. Kalimantan (seluruh pulau, termasuk Brunei Darussalam dan Serawak-Sabah (Malaysia)) adalah terbesar ketiga. Dan pulau Sumatra merupakan terbesar keenam.
                   Yang kelima, terdapat Freeport Grasberg berupa tambang di Papua Barat (termasuk tambang emas terbesar di dunia). Selain itu, juga tambang tembaga ketiga terbesar di dunia. Keenam, Indonesia merupakan produsen dan eksportir terbesar LNG (gas alam cair) di dunia. Memasok lebih dari 40% pada pasar dunia dan merupakan produsen terbesar ketujuh di dunia dari gas alam. Ketujuh, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 18.000 pulau serta memiliki garis pantai terpanjang di dunia (sekitar 85.000 Km). Kedelapan, bunga terbesar di dunia (Rafflesia Arnoldi) dengan berat 7 Kilogram (15 Pound) dan kelopaknya tumbuh 0,5 Meter (1,6 Kaki) panjangnya serta 2,5 Cm (1 Inci)  tebalnya. Bunga tersebut hanya tumbuh di pulau Sumatra Indonesia.
                   Kesembilan, terdapat Komodo (Varanus Komodoensis) yaitu, Kadal terbesar di dunia yang bisa tumbuh hingga 3 Meter (9,8 Kaki) panjangnya. Tempat tinggalnya berada di pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Terakhir atau yang kesepuluh, terdapat candi Borobudur di Jawa Tengah, Indonesia. Yaitu kuil Buddha terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke-9 dan dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia yang tak terlupakan. Ketinggian keseluruhan adalah 42 Meter, namun hanya 34,5 Meter setelah restorasi. Memiliki dimensi 123x123 Meter (15.129 Meter persegi) dan terdapat 10 lantai yang lantai pertama hingga lantai enam adalah bentuk persegi serta lantai ketujuh sampai lantai kesepuluh berbentuk lingkaran. Borobudur menghadap ke timur dengan total dari 1.460 panel (2 Meter lebar masing-masing). Ukuran total dari dinding candi, yaitu : 2500 Meter persegi. Jumlah total panen 1212. Menurut investigasi, jumlah patung Buddha adalah 504 termasuk patung utuh dan rusak.
                   Masih banyak hal lagi yang unik dari sisi lain dari negara ini, negara Indonesia. Sisi lain tersebut, diharapkan mampu didukung oleh bangsa Indonesia sendiri. Dengan merawat dan menjaga berbagai warisan budaya yang telah ada pada saat ini. Sehingga, Indonesia akan menjadi negara yang kaya sumber daya alam dan akan membuat turis mancanegara tertarik untuk berkunjung ke Indonesia.

                                              Sumber : http://majulahnegaraku.wordpress.com/
                                                             http://www.naturia.per.sg/buloh/verts/mudskipper.htm

1 komentar:

  1. Merkur 25C Merkur 25C Merkur 25C Review - xn
    › merkur-25c-merkur-25- › merkur-25c-merkur-25- Find 메리트 카지노 쿠폰 Merkur 25C Merkur 25C Safety Razor Review with pictures and detailed data. Read about this Merkur 25C Safety Razor, one of the most

    BalasHapus